Pencegahan Penyakit Tetanus

Pencegahan Penyakit Tetanus – Infeksi yang terjadi pada tubuh tidak hanya menyebabkan penyakit yang ringan saja tetapi juga yang berbahaya sampai bisa menyebabkan kerusakan pada syaraf. Kondisi seperti itu bisa terjadi, dan nama penyakitnya dikenal dengan nama penyakit tetanus. Terjadinya penyakit tetanus ini bisa dialami oleh siapa pun, tetapi bayi dan juga anak anak paling rentan untuk mengalami penyakit tetanus khususnya juga yang belum mendapatkan vaksin tetanus. Terjadinya tetanus karena adanya luka terbuka pada permukaan kulit untuk menjadi jalan utama masuknya bakteri yang menyebabkan penyakit tetanus.

Penyakit tetanus bisa menyebabkan masalah di bagian syaraf yang mengatur otot pernapasan, jadi penyakit tetanus bisa mengancam nyawa juga yang membahayakan untuk kesehatan tubuh. oleh karena itu jika memiliki luka yang parah dan terbuka perlu di rawat dengan baik agar tidak ada bakteri yang menginfeksi dan menyebabkan penyakit tetanus. Penyakit tetanus juga bukan hal yang baru, sebab dari dulu sudah pernah terjadi penyakit tetanus.

Penyebab penyakit tetanus adalah bakteri, jenis bakteri yang dapat ditemukan di tempat tempat yang kotor seperti pada kotoran manusia atau pun kotoran hewan, di temukan di debu, dan juga bisa ditemukan di tanah. Untuk nama bakteri yang menyebabkan penyakit tetanus sendiri ialah Clostridium tetani, yang bisa memasuki tubuh melalui luka. Bayi yang usianya masih kurang dari satu bulan bisa menderita penyakit tetanus, dikarenakan oleh luka tali pusarnya. Luka tali pusar yang di gunting menggunakan alat alat yang tidak steril bisa menyebabkan tetanus, sebab bakteri bisa berada dibenda yang digunakan lalu berpindah ke luka tali pusar sehingga menyebabkan tetanus. Penyakit tetanus pada bayi disebut dengan tetanus neonatorum.

Selain terjadi pada bayi, pada anak anak dan orang dewasa juga bisa menyebabkan penyakit tetanus. Luka yang sangat rentan untuk memicu tetanus ialah luka yang terbuka yang bisa disebabkan oleh luka bakar atau pun juga bisa dari luka goresan yang parah. bakteri akan memasuki luka bagian dalam, sebab bagian dalam yang sedikit mendapatkan oksigen akan memudahkan bakteri berkembang biak dengan cepat. jika bakteri telah berkembang biak banyak maka akan mengeluarkan racun atau toksin etanospasmin. Toksin ini bisa mengganggu fungsi syaraf yang khususnya untuk mengontrol otot jadi ada masalah pada fungsi otot nantinya apabila menderita penyakit tetanus.

Pencegahan Penyakit Tetanus

Ada gejala tatanus yang bisa dirasakan ketika di racun telah menyerang bagian syaraf, gejalanya bisa berupa kaku di bagian otot rahang untuk pertama kali sebab gangguan fungsi syaraf menyebabkan otot tidak berfungsi dengan baik. selain itu penderitanya bisa mengeluarkan banyak keringat serta menyebabkan demam, akibat adanya infeksi. Kondisi penderita penyakit tetanus bisa semakin parah dengan munculnya kaku di bagian otot rahang sebab sulit menelan dan otot pernapasan pun bisa terganggu juga sehingga kondisi ini bisa mengancam nyawa penderitanya. sulit menelan atau pun bernapas bisa dialami ketika menderita penyakit tetanus, dan bisa meningkatkan tekanan darah juga.

Kondisi penderita penyakit tetanus bisa lebih parah ketika gejala tetanus yang dialami sudah menyebabkan kejang otot. Sebab bukan kejang biasa, tetapi kejang yang menyebabkan tubuh melengkung ke belakang, dan detak jantung menjadi tidak beraturan. Oleh karena itu pertolongan dengan mengunjungi rumah sakit atau pun klinik agar tidak mencelakai penderitanya. pengobatan yang dilakukan di klinik akan diberikan obat untuk membuat tenang otot dan juga bisa diberikan obat tetanus yang fungsi untuk menghentikan infeksi, yaitu obat antibiotik agar menghentikan tetanus. Jika sudah sembuh dari tetanus atau pun belum pernah mengalami tetanus ada baiknya jika melakukan pencegahan penyakit tetanus agar tidak sampai terulang atau terjadi. dibawah ini beberapa cara untuk pencegahan penyakit tetanus :

  • Vaksin tetanus, pencegahan penyakit tetanus bisa dilakukan dengan cara melakukan suntik vaksin. Anak anak lebih rentan untuk mengalami penyakit tetanus, maka dari itu suntik tetanus dilakukan ketika usia masih dibawah lima tahun, atau pun ketika bayi masih berusia 18 bulan. Suntik vaksin harus diulang selama 10 tahun sekali untuk agar menjaga vaksin agar tetap berfungsi dengan baik untuk melindungi tubuh.
  • Merawat luka dengan baik, pencegahan penyakit tetanus juga dengan cara merawat luka dengan baik. perawatan pada luka yang terbuka harus dilakukan secara teratur, agar tidak bisa bakteri memasukinya. Bersihkan luka dengan cairan alkohol agar selalu steril dan juga sering ganti perban luka agar tidak ada debu yang membawa bakteri dan menyebabkan penyakit tetanus.
  • Menjaga kebersihan, pencegahan penyakit tetanus bisa dilakukan juga dengan menjaga kebersihan lingkungan dan juga tubuh, sebab ada bakteri penyebab tetanus menyukai tempat tempat yang kotor jadi perlu sekali menjaga kebersihan lingkungan dan juga kulit dengan baik agar juga dari infeksi.
  • Memelihara daya tahan tubuh, untuk pencegahan penyakit tetanus juga bisa dengan memelihara daya tahan tubuh, sebab jika daya tahan tubuh kuat maka bisa terhindar dari infeksi yang akan menyebabkan penyakit tetanus atau pun penyakit lainnya. makan makanan yang sehat dan juga olahraga teratur. (By:RM)

Pencegahan Penyakit Tetanus

Cara Pemesanan

Propolis Melia Nature

 Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Penyakit Tetanus dan Penyakit Lainnya

1 Botol Propolis Melia Nature Harga Rp. 115.000 dengan Isi 6 ml/botol

Cara Pemesanan : SMS ke 0878-8896-9797, tuliskan: Pesan Propolis Melia Nature, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap ( Untuk Menentukan Ongkos Kirim )


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Penyakit Tetanus dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Tetanus and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.